Game membawa pengaruh yang luar biasa pada YouTube. Video yang tergolong dalam kategori game terus bermunculan. Tak sedikit pengguna YouTube yang menyukai dan terus mengikuti berbagai kanal yang memiliki video kategori game. Melihat animo pengguna yang luar biasa, YouTube pun menjawabnya dengan platform terbarunya, YouTube Gaming.
Tahukah anda, kanal YouTube apa yang memiliki pelanggan terbanyak? Ternyata bukanlah selebriti ataupun penyanyi, melainkan kanal dari seorang video blogger dengan akun PewDiePie. Aktif semenjak 2011, kini ia kanal yang ia kelola miliki pelanggan lebih dari 37,000,000 pelanggan! Mayoritas video yang ia unggah pun terbilang sederhana, yakni video yang berisi komentar dan reaksinya saat bermain berbagai game.
Tak hanya PewDiePie, banyak sekali kanal YouTube dengan kaitan video game yang digemari banyak pengguna Youtube. Video yang diunggah pun beragam seperti pembahasan gameplay video game terbaru, walktrough game populer, bahkan juga sekedar video musik dari game. Fenomena ini menjadi bukti bahwa banyak pengguna YouTube yang terbantu dan menyukai konten-konten video game di YouTube.
Melihat potensi yang ada, YouTube pun akan luncurkan YouTube Gaming pada musim panas tahun ini, dari US dan UK. Youtube mendeskripsikannya sebagai aplikasi dan website yang menghubungkan antara game & gamers dalam satu wadah komunitas gamers. Tak hanya video, YouTube Gaming juga akan hadirkan fitur live stream di dalamnya.
![]() |
Unconfirmed UI Dari YouTube Gaming: Melalui blognya, YouTube juga bagikan gambaran bagaimana UI dari YouTube Gaming. (Dok. YouTube Global) |
Lebih dari 25.000 judul game akan memiliki laman khususnya sendiri. Video terbaik dan live stream dari setiap judul game akan tersimpan dalam laman khusus masing-masing. Anda juga dapat menemukan kanal game para publisher serta para YouTuber yang memiliki video terkait judul game laman khsusus tersebut.
Kelak YouTube Gaming akan memudahkan pengguna Youtube untuk menemukan informasi dan video terbaru dari judul game yang ia cari tanpa perlu dibingungkan dengan video YouTube yang kebetulan memiliki keyword yang sama. Ketikkan Call pada mesin pencari, maka yang muncul adalah 'Call of Duty' misalnya, bukan lagi 'Call Me Maybe'. Jika gamer tak ingin ketinggalan game yang ditunggu-tunggunya, gamer hanya perlu berlangganan laman YouTube Gaming dengan judul tersebut.
Hadirnya YouTube Gaming disebut-sebut sebagai penanding Twitch, platform live streaming video yang dimiliki Amazon.com dengan fokus video gaming. Twitch terhitung sebagai pemain besar dalam live streaming streaming. Electronic Entertainment Expo yang dimulai minggu ini pun menggunakan Twitch sebagai platform live stream press conference para pembicara ternama.
Terlepas dari persaingan antara YouTube dan Twitch, hadirnya YouTube Gaming kelak tentunya akan menjadi angin segar bagi para gamer Indonesia yang aktif menggunakan layanan YouTube. Untuk saat ini, kita cukup menanti tanggal rilis sambil mengikuti perkembangannya.
Sumber: Official YouTube Blog
Comments
Post a Comment